MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Hari Guru: Setiap Guru Adalah Inspirasi

Hari Guru: Setiap Guru Adalah Inspirasi

YOGYAKARTA, IKOMRADIOUMY - Guru adalah sosok yang sering kita kenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Ada juga yang sering berbicara bahwa tanpa adanya seorang guru, kita tidak bisa jadi apa-apa. Menjadi seorang guru justru tidaklah mudah, bahkan kalau kita berbicara tentang seorang guru pun tidak akan ada habisnya. Jika mudah, tidak ada orang tua yang repot mencari lembaga pendidikan untuk putra-putri nya. Pasti akan diajarkan sendiri oleh orang tua. Pada kenyataannya, tidak ada.

Bagaimanapun, setiap orang memang membutuhkan seorang guru untuk membentuk pribadi yang lebih baik, untuk belajar bagaimana caranya menjadi pemimpin di masa depan, atau hanya sekedar belajar menulis dan berhitung. Guru selalu mempunyai peran masing-masing di setiap proses pembelajaran meski ada yang bilang “hanya pakai kecerdasan buatan.”

Saya pernah ada di satu waktu dimana waktu itu saya dibuat sadar kalau seorang guru memang sosok yang sangat menginspirasi. Guru saya bercerita kalau sebelum dia pergi ke sekolah untuk mengajar, beliau selalu mengurus rumah setiap pagi, menyiapkan sarapan dan bekal untuk anak-anaknya, mengantar anaknya ke sekolah terlebih dahulu, baru beliau pergi ke sekolah. Tepat waktu masuk dzuhur, beliau selalu izin keluar untuk menjemput anak-anaknya pulang sekolah, lalu menitipkan anak-anaknya ke salah satu tetangga. Beliau lanjut mengajar sampai waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB.

Guru mengajar. Dok; Pixabay

Berbicara soal hal tersebut, setiap guru pasti mempunyai sesuatu yang bisa kita jadikan inspirasi. Seorang guru pasti bisa melakukan apa saja didalam satu waktu. Namun, mereka tidak akan pernah lupa akan tugas nya sebagai seorang tenaga pengajar. Meskipun di sekolah pasti ada hal yang sering membuatnya jengkel karena ulah murid-muridnya, ada yang tidak mendengarkan saat proses pembelajaran, ada yang tidak mudah paham akan materi yang sudah disampaikan, ada yang mengeluh karena tugas terlalu banyak, namun yang seorang guru bisa lakukan hanyalah sabar dan melanjutkan pembelajaran.

Maka dari itu, kita sebagai manusia yang membutuhkan orang lain dalam hidup mempunyai tugas juga untuk memberi apresiasi kepada setiap guru yang pernah memiliki peran di dalam proses kita untuk tumbuh. Untuk setiap guru dimanapun, terima kasih karena kalian selalu menginspirasi. Selamat hari guru! (FDH)

Komentar

Request Dimari Yuk!!!