MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Gerakan Intelektual Melalui Sekolah Filsafat

Gerakan Intelektual Melalui Sekolah Filsafat

YOGYAKARTA, IKOMRADIOUMY - Sekolah Radikal (SAKRAL) kembali dibuka! Pada hari Selasa, 31 Januari 2023 pukul 14.00 WIB. telah dilaksanakan Pembukaan Sekolah Radikal IV bertempat di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini akan terlaksana pada tanggal 31 Januari sampai 5 Februari 2023. Sekolah Radikal yang dinaungi oleh IMM FISIPOL UMY ini memiliki tema besar pada tahun ini yaitu “Jelajah Lintas Zaman Alam Pikiran Manusia”. SAKRAL sendiri merupakan kegiatan yang dibuka untuk IMM se-Indonesia. Sekolah Radikal 2023 ini diikuti oleh 40 pesera yaitu dari kader PK IMM FISIPOL UMY dan beberapa daerah lainnya.

Pembukaan Sekolah Radikal. Dok: Pribadi

Acara pembukaan SAKRAL dihadiri oleh Ketua Umum PC IMM Ar. Fakhruddin, IMMawan Muhammad Hafizh Renaldi, Ketua Umum PK IMM FISIPOL UMY, yang diwakilkan oleh IMMawati Nafis Azza Salsabila selaku sekretaris bidang ORGAN, Founding Father Sekolah Radikal, IMMawan Faris Afifi, dan juga Kepala Sekolah Sekolah Radikal, IMMawan Iqbal Khalidin.

Dalam sambutannya Ketua Umum PC IMM Ar. Fakhruddin menyampaikan "Salah satu pilar kejayaan Islam dimasa lalu adalah karena keintelektualannya. Gerakan IMM hari ini haruslah bersumber dari ilmu, amal, dan islam. Semoga dengan diakannya sekolah rasdikal ini dapat menjadi seperti seharusnya, dapat menjadi ladang ilmu dan kebermanfaatan bagi kita semua.”

Selain itu Perwakilan Ketum IMM FISIPOL UMY, Nafis Azza Salsabila menyampaikan "Sesuai dengan tema besar yang telah dibuat, sebaiknya kita bisa membawa kebermanfaatan tidak hanya dengan atau pada komisariat masing-masing tetapi dengan semua yang ada disekitaran kita.”

Acara pembukaan SAKRAL kali ini juga terdapat sesi penyampaian keynote speech. Keynote speech yang pertama mengulik "Seberapa Pentingkah Pembelajaran Filsafat dalam Pengkaderan Intelektual Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah?" yang disampaikan oleh Founding Father Sekolah Radikal, IMMawan Faris Afifi.

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan tersebut menyampaikan “Berbicara tentang filsafat, atau berbicara tentang sekolah radikal, didirikan murni untuk membangun kapasitas pemikiran immawan immawati fisipol umy. Diharapkan dapat memberikan dampak di fakultas isipol. Pada saat itu berdiskusi tentang penamaan nama sekolah radikal ini, didasari karena kader imm dituntut berpikir secara radiks, kritis, sistematis, dan itu semua dapat ditemuka di filsafat. Harus ada satu wadah yang dapat memantik para kadernya.”

Keynote speech kedua yakni "Sekolah Radikal sebagai Percontohan Candradimuka Ilmu Dalam Membentuk Basis Gerakan Intelektual" yang disampaikan oleh IMMawan Iqbal Kholidin selaku Kepala Sekolah Radikal PK IMM Fisipol UMY 2022/2023. IMMawan Iqbal menyampaikan "Sekolah radikal membawa cita-cita besar untuk menjadi percontohan candradimuka ilmu. Nanti jika teman-teman merasa perlu membuat seperti ini di komisariat masing-masing silakan, tetapi jika terlalu banyak yang menulis maka tidak ada orang yang membaca."

Di sela waktu istirahat kami mencoba mewawancarai salah satu penggagas sekolah radikal yaitu IMMawan Farhan Fadillah dari PK IMM FISIPOL UMY atau yang lebih akrab disapa Bang Aang, beliau menyampaikan harapan dari adanya Sekolah Radikal ke-IV ini yaitu “Sekolah Radikal bisa menjadi tempat pembelajaran, semuanya sama rata, semua pasti bisa belajar filsafat, nggak ada yang nggak bisa, dan terakhir semoga apa yang temen-temen dapatkan disini bisa membawa manfaat ketika temen-temen kembali ke daerahnya masing-masing.”

Selain dari perwakilan  SAKRAL, kami juga mewawancarai beberapa peserta terkait harapannya mengikuti Sekolah Radikal IV, salah satunya IMMawati Fani dari PC IMM Surakarta, Fani menyampaikan “Bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk diberikan ke komisariat, ke lingkungan sekitar saya, sama ke diri saya sendiri.” (IAR)

Komentar

Request Dimari Yuk!!!