MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Podcaster: Alternatif Buat Kamu yang Ingin Jadi Penyiar

Podcaster: Alternatif Buat Kamu yang Ingin Jadi Penyiar

 

ilustrasi podcast | brilio.net

Pengertian Podcast

Podcast merupakan hasil dari rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang wajib dilakukan serta dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Sedangkan, podcast dapat diterapkan secara fleksibel atau kapanpun melalui berbagai platform media.

Saat ini podcast juga dapat diputar melalui aplikasi pihak ketiga atau yang biasa dikenal dengan nama anchor. Sifatnya yang on-demand menjadikan podcast sangat disukai oleh pengguna internet saat ini, daripada mendengarkan siarab dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, dan waktu.


Cara Membuat Podcast

Untuk mengembangkan konten agar lebih menarik, ada beberapa kebutuhan yang diperlukan dalam pembuatan podcast. Berikut adalah caranya :

1. Menentukan tema yang tepat

Langkah utama dalam pembuatan podcast yaitu menentukan tema yang sesuai dengan apa yang ingin kamu kembangkan. Saat ini banyak podcast yang ditayangkan melalui layanan musik digital. 

Media podcast pun telah menyediakan beberapa kategori sepert olahraga, komedi, politik, film, musik, dan lainnya. Sehingga kamu lebih mudah untuk menentukan topik dan niche yang sesuai dengan ketertarikanmu.

2. Mempersiapkan peralatan

Mempersiapkan segala kebutuhan alat dan bahan juga hal yang penting dalam proses pembuatan podcast. Sebaiknya, jangan menyiapkan mikrofon built in pada laptop maupun komputer. Akan tetapi, kamu bisa menyiapkan mikrofon secara terpisah dan lebih profesional. Kamu juga harus menentukan jenis mikrofon yang memiliki fitur peredam suara yang baik agar tidak mengganggu suara sekitar saat proses pembuatan podcast.

3. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan

Selanjutnya, yang perlu disiapkan adalah pembuatan script untuk rekaman podcast. Kamu dapat merancang rekaman untuk perkenalan diri terlebih dahulu. Kemudian, membuat script sesuai durasi yang ditentukan. Dalam sebuah podcast gunakan bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif dengan narasumber.

4. Menggunakan editing software

Banyak aplikasi pengedit audio yang dapat digunakan seperti Audacity, atau Adobe Audition. Untuk software gratis, maka daoat menggunakan Audicity. Jika untuk layanan yang fleksibel dan penyunting audio yang lebih kompleks, maka direkomendasikan untuk Adobe Audition.

5. Melakukan proses upload

Cara membuat podcast yang terakhir yaitu melakukan proses upload hasil audio yang telah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menambahkan keterangan penting seperti judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya.


6 Aplikasi Terbaik Untuk Merekam Podcast

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi untuk merekam podcast.

1. Audacity

2. GarageBand

3. Adobe Audition

4. Apple Logic Pro X

5. Hindenburg Journalist

6. Zencastr


Setelah mengetahui mengenai pengertian podcast, cara membuatnya, dan aplikasi untuk merekam podcast, apakah kamu menjadi tertarik? Tidak hanya platform media digital, kamu juga dapat membagikan potongan podcast di media sosial agar dapat lebih terjangkau oleh banyak khalayak. Kamu juga bisa menggunakan podcast untuk membangun brand image bisnis menjadi lebih baik.





Komentar

Request Dimari Yuk!!!