MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Kiprah Garuda Pertiwi di Kancah Asia

Kiprah Garuda Pertiwi di Kancah Asia

Skuad garuda putri saat melawan Thailand. Sumber : Instagram PSSI

Tulisan oleh: Arfan, Ranger 21 Divisi TS

AFC Asian Women’s cup 2022 telah resmi dimulai sejak tanggal 20/1/2022 hingga tanggal 6 februari mendatang. Pada edisi ke 20 kali ini yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran turnamen wanita paling tinggi di Asia ini adalah India. Asian Women’s Cup tahun ini dikuti oleh 12 Negara yang kemudian dibagi menjadi 3 grup.

Ini merupakan kali ke 4 Timnas Garuda Pertiwi lolos ke putaran final piala asia wanita. Dalam Piala asia wanita edisi tahun 1977 dan 1986 Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 4, dan merupakan peringkat terbaik yang didapat punggawa garuda putri di ajang tersebut. Dalam edisi ke 20 tahun ini, skuad garuda pertiwi asuhan coach Rudy eka tergabung dalam grup B bersama dengan Australia, Filipina, dan Thailand.

Skuad garuda pertiwi dalam gelaran Asian Women’s cup kali ini diperkuat oleh pemain pemain yang berpengalaman di Timnas garuda pertiwi seperti Zahra Musdalifah. Zahra Musdalifah merupakan pencetak gol terbanyak untuk timnas putri dengan torehan 3 golnya bersama dengan striker timnas putri yang berasal dari klub Ps Tira-Persikabo putri yaitu Baiq Amiatun shlihah yang sama sama telah mencetak 3gol untuk Timnas Putri Indonesia. Selain itu di dalam skuad coach Rudy Eka juga terdapat pemain yang akhir-akhir ini mencuri perhatian penggemar sepakbola Indonesia karena telah resmi bergabung dengan Klub Serie B Italia Romma Calcio Feminille yaitu Shalika Aurelia.

Meskipun kesempatan lolos ke babak berikutnya dalam turnamen ini telah tertutup setelah mengalami kekalahan beruntun melawan Australia dan Thailand. Gelaran piala asia wanita tahun 2022 merupakan pengalaman penting bagi para pemain Garuda Putri karena ini merupakan kali pertama mereka lolos di putaran final piala asia setelah lama absen dalam edisi-edisi sebelumnya. Kompetisi Liga 1 Putri yang sedang berhenti karena kasus Covid-19 ini juga berpengaruh terhadap penampilan para punggawa Garuda Pertiwi dalam ajang Asian Women’s cup tahun ini. Piala asia wanita tahun ini merupakan langkah awal bagi para punggawa Garuda Pertiwi untuk mengharumkan nama Indonesia baik di level Asia Maupun dalam ajang Piala Dunia wanita.

Komentar

Request Dimari Yuk!!!