MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Yuk Pahami! Bedanya Penyiar Radio dan Penyiar TV

Yuk Pahami! Bedanya Penyiar Radio dan Penyiar TV

Rangers Ikom Radio Siaran di Callbox

Aloha ikomers! Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini, yap, penyiar. Dalam KBBI V, penyiar memiliki arti orang yang menyiarkan, penyeru pada radio, pemancar (radio). Istilah penyiar memang lekat dengan radio, meski demikian, tidak jarang juga kita mendengar istilah penyiar televisi atau penyiar TV.

Lalu, apa, sih, yang membedakan penyiar radio dan penyiar TV?

Media yang Digunakan

Yap, tentu media yang digunakan jelas sekali berbeda, dari istilahnya saja sudah terlihat, ya, ikomers. Penyiar radio tentu membutuhkan gelombang frekuensi radio untuk terhubung dengan pendengar, oleh karenanya pendengar hanya bisa menikmati suara penyiar saja dan mengimajinasikan sesuka pendengar. Lain halnya penyiar televisi yang menggunakan media televisi sehingga lebih memanjakan penonton dengan menyajikan visualisasi penyiarnya.

Tipe Penikmat

Nah, tentu tipe penikmat atau orang yang menikmati juga berbeda, nih, ikomers. Penikmat penyiar radio atau istilahnya pendengar, cenderung menikmati secara audio atau menikmati dengan melakukan aktifitas lain yang cukup butuh fokus, seperti ketika membawa kendaraan. Dan, biasanya penikmat audio cenderung memanfaatkan daya imajinasinya sebagai bentuk visualisasi.

Penyiar televisi tentu menawarkan hal lebih, yakni visualisasinya. Oleh karena itu, penampilan dari sang penyiar cukup menjadi pertimbangan selain mimik wajah dan gestur tubuhnya. Namun, tak menutup kemungkinan pula penikmat cenderung hanya mendengarkan saja tanpa memperhatikan visualisasinya.

Penggunaan Istilah

Sejauh ini untuk penyiar radio hanya istilah itu saja yang digunakan, namun penyiar televisi memiliki beragam istilah lainnya, menyesuaikan dengan program acara yang dibawakan. Seperti program acara music yang sering dibawakan oleh penyiar yang akrab disebut host. Meski demikian, istilah host juga bisa berlaku, loh, di ranah penyiar radio.

Demikian beberapa perbedaan penyiar radio dan penyiar TV yang bisa menambah wawasan kamu, ikomers. Namun, sejatinya perbedaan paling mendasar hanya terletak pada media saja, selebihnya kurang lebih sama, seperti bagaimana menyampaikan dan skill yang harus dimiliki. Nah, ikomers kamu tertarik untuk jadi penyiar yang mana, nih? Yuk boleh cerita di kolom komentar.

Komentar

Request Dimari Yuk!!!