MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Istilah-Istilah dalam Siaran Radio yang Perlu Kamu Ketahui !!

Istilah-Istilah dalam Siaran Radio yang Perlu Kamu Ketahui !!

Halo ikomers! Sudah bulan puasa aja, nih bentar lagi liburan dan menyambut lebaran. Ikomers sdah pulang ke kampung halaman belum, nih? Kalau rangers ikom radio sebagian sudah terbang ke rumah masing-masing namun sebagian juga masih di Jogja karena siaran atau memang belum ingin pulang, aku salah satunya. Hari ini aku mau ajak ikomers kenalan lebih jauh dengan Ikom Radio dengan mengenal istilah-istilah dalam siaran.


Istilah-Istilah dalam Siaran Radio yang Perlu Kamu Ketahui !!
Istilah-Istilah dalam Siaran Radio yang Perlu Kamu Ketahui !!

Cue

Cue adalah awal sebuah program siaran. Sering digunakan sebaga tanda atau persiapan sebelum memulai sesuatu. Kalau di Ikom Radio biasanya di awal siaran, ikomers akan mendengar opening program siaran, contohnya 'It's Time to Review Book' itu adalah Cue dari program siaran Bookshelf.

Smash

Smash adalah istilah untuk pengenalan penyiar yang sedang siaran di program tersebut saat itu. Di Ikom Radio biasanya setelah Cue ada smash penyiar-penyiar yang siaran saat itu.

Ad. 

Ad -- atau iklan. Singkatan dari Advertisement. Biasanya berupa rekaman audio berisi promosi bisnis, jasa, barang, atau acara. Di Ikom Radio biasanya ikomers akan sering mendengar iklan layanan masyarakat yang diproduksi Ikom Radio.

Bed. 

Bed adalah audio yang digunakan sebagai backsound saat penyiar berbicara. Kenapa harus ada harus ada backsound? supaya selama siaran tidak terkesan monoton dan membosankan, sehingga backsound sebagai pemanis ketika siaran.

Segmen/Talk. 

Di Ikom Radio lebih sering dikenal dengan istilah talk, adalah segmen dalam siaran dengan setiap talk/segmen memiliki pembahasan yang bermmacam-macam. Dalam siaran satu jam biasanya ada empat sampai lima talk, sedang dalam siaran dua jam terdapat tujuh sampai delapan talk.

Radio Jingle. 

Disebut juga Station ID atau identitas stasiun radio. Radio jingle yaitu klip audio berupa musik, suara, atau musik dan suara, yang menyebutkan nama udara radio (Statiun ID) dan frekuensinya. Dalam Ikom Radio biasanya selalu disebut ketika opening atau di setiap awal segmen dan opening siaran.

Opening. 

Yap, ini adalah pembukaan di awal siaran, biasanya kalau di Ikom Radio adalah beberapa menit di awal siaran ketika lagu berputar, penyiar menyapa ikomers dan spill sedikit akan ada apa aja dalam siaran. Namun, bentuk opening tentu berbeda-beda sesuai dengan ciri khas dari masing-masing penyiar.

Closing. 

Sebagai penghujung dan penutup siaran, nih ikomers. Biasanya di akhir siaran penyiar akan menutup dengan mention media sosial Ikom Radio sampai menyebut program siaran berikutnya.

Demikian, nih ikomers istilah-istilah dalam siaran radio terutama di Ikom Radio, yaa. Tentu engga cuma ini saja, masih banyak istilah-istilah lainnya yang bisa kita pelajari, namun beberapa itu adalah yang sering muncul atau dipakai ketikan siaran Ikom Radio.

Komentar

Request Dimari Yuk!!!