MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Pembukaan Kompetisi Jembatan Indonesia 2023 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pembukaan Kompetisi Jembatan Indonesia 2023 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

(Pembukaan Kompetisi Jembatan Indonesia. Dok: IkomRadio)

        YOGYAKARTA, IKOM RADIO – Kompetisi Jembatan Indonesia 2023 (KJI) kembali digelar.  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah secara resmi ditunjuk oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada tanggal 16 sampai 20 Oktober 2023 sebagai tuan rumahnya yaitu selama 5 hari. Tahun ini UMY juga bekerjasama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dalam menjalankan agenda rutin tahunan ini di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kompetisi ini merupakan salah satu wadah yang dibuat untuk mengembangkan inovasi rancangan jembatan bagi mahasiswa di Indonesia.  

         Pembukaan kompetisi ini dilaksanakan di Sportorium UMY pada (16/10) yang diikuti oleh seluruh peserta, tamu undangan, juga masyarakat umum. Acara pembukaan KJI 2023 ini dilaksanakan dengan terstruktur dan meriah, dihadiri oleh Ketua Komisi X DPR RI, Bapak Dr. H. Abdul Fikri Faqih yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi dan simbolik bersama jajaran tamu undangan lain semalam.

     Selain dihadiri oleh tamu-tamu undangan yang luar biasa, pada malam pembukaan KJI 2023 semalam juga banyak penampilan seni yang menarik perhatian audience dipersembahkan dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMY. Penampilan-penampilan itu antara lain seni tari dari UKM Sentakamudya UMY, paduan suara dari Sunshine Voice UMY, dan ditutup oleh penampilan dari UKM Musik UMY.

Sejumlah 18 tim dari berbagai universitas se Indonesia yang mengikuti KJI 2023 telah melalui tahap seleksi hingga sampai pada tahap final ini. Kami memiliki kesempatan untuk mewawancarai beberapa perwakilan tim di KJI 2023 ini. Syahrul dari Politeknik Negri Ujung Pandang Makassar, ia mengatakan “Bahwa perasaannya mengikuti KJI 2023 ini yaitu saya sangat excited dan berharap bisa menambah relasi dengan banyak rekan-rekan hebat yang juga sedang mengikuti kompetisi ini”.


        Ungkapan bangga juga disampaikan oleh Farhan dari Universitas Jember, “Perasaan saya yang pasti bangga sekali karena KJI ini merupakan salah satu kompetisi yang paling bergengsi, yang mana kompetisi ini langsung diadakan oleh BPTI sehingga tidak semua mahasiswa juga bisa beruntung untuk lolos sampai ke babak final ini,” tutur Farhan. Selain itu, Gilang dari Universitas Muhammadiyah Malang juga menyampaikan kesannya pada acara pembukaan KJI 2023 dan juga harapannya, yaitu “KJI 2023 saat ini lebih menarik dibanding tahun lalu, selain itu KJI 2023 ini lebih proper, dan harapannya semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kekurangan sesuatu apapun sampai akhir nanti,” pungkas Gilang. (IAR)

2 komentar

  1. Anonim
    Anonim 17 Oktober, 2023 22:49

    Wow amazing👏🏻

  2. Anonim
    Anonim 18 Oktober, 2023 04:30

    kerenn 😻✨

Request Dimari Yuk!!!