MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Pembukaan RAKERNAS BERSAMA Lembaga Seni Budaya dan Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pembukaan RAKERNAS BERSAMA Lembaga Seni Budaya dan Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 


IKOM RADIO – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menjadi tuan rumah pada salah satu acara besar yang diadakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM). Kali ini merupakan acara tahunan yaitu Rapat Kerja Nasional (RAKERNSAS) Lembaga Seni Budaya dan Lembaga Pengaembangan Olahraga PP Muhammadiyah 2023. Acara ini dilaksanakan pada jumat (27/10) sampai dengan minggu (29/10) 2023 di Gedung AR Fakhrudin UMY. Pembukaan acara ini dilaksanakan pada hari jumat (27/10) pukul 13.30 – 15.00 WIB. Pada acara awal atau pembukaan ini dihadiri oleh tamu-tamu dan juga tokoh penting Muhammadiyah, antara lain Prof. Dr. Kh. Haedar Nashir, M.Si selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah. Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiantoro, M.P., IPM., ASEAN. Eng. selaku rektor UMY sekaligus Ketua Lembaga Seni Budaya (LSB) PP Muhammadiyah, juga perwakilan dari Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan Indonesia dan lain sebagainya. Perserta RAKERNAS ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se Indonesia dari Lembaga Seni Budaya dan Olahraga itu sendiri.

Ada hal yang menarik dalam RAKERNAS tahun ini, yaitu dimana pada tahun ini RAKERNAS diadakan secara bersama. Hal ini karena adanya pemecahan 1 lembaga yang awalnya Lembaga Seni Budaya dan Olahraga sesuai kesepakatan pada Muktamar Muhammadiyah terakhir yang dilaksanakan di Kota Solo, kini masing-masing dipisah yaitu Lembaga Seni Buday (LSB) itu sendiri dan Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) itu sendiri. Dengan adanya hal ini dapat kita ketahui juga bahwa UMY menjadi tuan rumah pertama dari RAKERNAS bersama ini untuk 2 lembaga baru hasil pecahan dari 1 lembaga yang sudah lama ada.

Dalam rangkaian acara sambutan, Ketua Umum PP Muhammadiyah menyampaikan, “Lewat seni budaya dan olahraga tak ada batasan dalam menjalani suatu kebudayaan, beragama, dan lain sebagainya, melainkan semua itu menjadi mengalir dan berjalan secara beriringan. Jadi instrumen atau pranata ini dibangun menjadi pranata yang tajam, yang kuat, dan luas untuk kepentingan gerakan Muhammadiyah” ujar Prof. Dr. Kh. Haedar Nashir, M.Si dalam amanat dan tausiah sambutannya.

Dalam acara pembukaan acara ini juga tentunya tak luput dari kemeriahan penampilan penghiburnya. Ada beberapa penampilan seni menarik yang juga disuguhkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMY berupa seni tari dari UKM Sentakamudya, juga pertunjukan tarik suara dari UKM Sunshine Voice yang menyanyikan lagu rungkad, dimana hal ini sangat menarik untuk dinikmati tamu undangan dan cukup memukau.

Harapan terlaksananya acara ini juga disampaikan oleh ketua pelaksana RAKERNAS BERSAMA ini sekaligus sekertasis LPO serta Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMY, “Kami berharap acara RAKERNAS ini menjadi ajang konsolidasi bagi Pimpinan Pusat Muhammadiyah terutama LSB dan LPO dengan rekan-rekan di PWM yang membidangi di ranah seni budaya dan olahraga untuk memajukan keduanya agar semakin berkemajuan,” ujar Dr. Fajar Junaedi. (IAR)

Komentar

Request Dimari Yuk!!!