MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Kebiasaan Buruk dalam Menunda Pekerjaan

Kebiasaan Buruk dalam Menunda Pekerjaan


 




              Pernahkah kalian ketika hendak tidur di malam hari, tiba – tiba teringat tugas yang belum dikerjakan? Meski begitu, kalian memutuskan untuk tidur daripada mengerjakan tugas terlebih dahulu, mengingat tenggat pengerjaan yang masih lama. Di lain sisi, kalian tahu bahwa menunda suatu tugas merupakan hal yang salah dan dapat membuat hati tidak tenang. Walaupun tahu akan hal tersebut, kita terus melakukannya dan mengulanginya. Sebenarnya apa yang membuat kita sering menunda suatu hal?

 

        Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa seseorang menunda pekerjaan. Salah satu faktor utama dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah kurangnya kemampuan dalam mengendalikan emosi. Hal tersebut sebenernya dilandasi dari rendahnya motivasi. Terlebih jika adanya gangguan dari luar yang membuat terjadinya demotivasi yang dapat mengganggu fokus seseorang dalam mengerjakan suatu hal. Sehingga hal tersebut melahirkan rasa malas dalam diri seseorang.

 

              Kebanyakan orang beranggapan bahwa menunda pekerjaan hanya disebabkan karena kurangnya niat dalam diri seseorang. Sedangkan, persoalan menunda merupakan hal yang lebih kompleks jika dibedah lebih dalam. Terdapat bermacam alasan yang menyebabkan motivasi seseorang menurun atau ter-demotivasi. Situasi dan kondisi seperti kelelahan dan stress dapat membawa seseorang tidak bisa berpikir jernih. Adanya gangguan dari luar seperti gadget yang membunyikan notifikasi sehingga menganggu fokus dalam bekerja. Bisa juga dari faktor tugas itu sendiri yang mungkin cukup sulit dan banyak sehingga membuat kita bingung mulai darimana. Maka dalam aspek ini, motivasi menjadi kunci utama dalam persoalan menunda pekerjaan.

 

              Motivasi dapat terlahir dari setiap orang tergantung dari bagaimana mereka memutuskan. Manajemen waktu merupakan salah satu solusi efektif dalam menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan. Hal ini dapat dimulai dengan cara membuat jadwal pada setiap harinya dan menentukan waktu pengerjaan. Dengan begitu, kita diwajibkan untuk mengutamakan tugas terlebih dahulu disbanding melakukan hal yang kurang bermanfaat. Menyicil pekerjaan yang banyak dengan membedahnya menjadi bagian – bagian kecil yang agar terlihat lebih sedikit dan efisien. Bagi sebagian orang, reward merupakan aspek penting dalam melahirkan motivasi dalam dirinya. Kita dapat menerapkan reward kecil pada tugas – tugas yang kita kerjakan.

 

              Menunda Pekerjaan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bukan hanya merugikan waktu, melainkan juga emosi dan mental kita. Meski begitu, banyak orang yang masih menyepelekan kebiasaan  tesebut. Pentingnya manajemen waktu menjadi solusi untuk menghilangkan sifat menunda pekerjaan. Hal ini dapat dimulai dengan terus menjaga motivasi dalam diri sendiri.

By Rizqi Ilham Maulana

Komentar

Request Dimari Yuk!!!