MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Keseruan ”SCRIPTION” Screening Film Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Angkatan 2022 Sebagai Gerbang Memulai Perjalanan Semester Berikutnya

Keseruan ”SCRIPTION” Screening Film Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY Angkatan 2022 Sebagai Gerbang Memulai Perjalanan Semester Berikutnya

YOGYAKARTA, IKOM RADIO – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2022 baru saja mengadakan screening film bertajuk SCRIPTION (Screening In Production Of Comunication) berupa penayangan film hasil produksi kelas mereka masing – masing.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 15 Januari 2024 yang dilaksanakan di Societet Militair Taman Budaya Yogyakarta. Open gate acara ini dimulai pada pukul 12.00 WIB yang dibagi menjadi 3 sesi dengan film yang berbeda di tiap sesinya. Acara ini terbuka untuk umum dan pendaftarannya dibuka melalui gform yang ada di akun Instagram resmi “SCRIPTION”. Screening ini dilakukan dalam rangka bukan hanya awal bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi  Angkatan 2022 untuk berkarya, namun merupakan gerbang untuk memulai perjalanan sebelum memilih penjurusan yang akan ditempuh di semester 4.

Kali ini, acara screening tersebut mengusung tema dengan nama“Hegirayya Lail” yang mengambil dari beberapa kata dalam bahasa latin dan arab. Arti dari tema tersebut yakni “Hijrah Cahaya Malam” yang menggambarkan hijrah di cahaya malam menciptakan suasana yang penuh makna dan mendalam. Tema ini tervisualisasikan dengan baik melalui dekorasi pada lobby bangunan dengan atmosfer arabic.

Acara ini dibuka dengan pembukaan oleh MC dengan dilanjut menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, “Mars Muhammadiyah”, dan “Mars UMY”. Selanjutnya, acara tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, Hatta Luqmanaul Haq. Tidak hanya itu, sambutan juga diberikan kepada Budi Dwi Arifianto, S.Sn, M.Sn, dan Dhimas Aryo Vipha Ananda, S.Sn, M.Sn. selaku Dosen Pemimbing. Terakhir, merupakan sambutan dari Dr. Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si. selaku ketua Program Studi Ilmu Komunikasi. Barulah masuk ke acara utama yakni screening film – film.

Ada banyak judul film yang dipertunjukkan pada malam tersebut, diantaranya yaitu Dunia Jahat, Belum Usai, Kau Buatku Begini, Pensil Warna, Pinasthi, Wayahe, Lima Waktu, The Unseen Part, Bapak Ini Harus Remidi!, dan Kembali.

Setelah penayangan film, acara akan masuk ke sesi pengenalan sutradara dan produser dari kelas masing – masing. Saat sesi tersebut, mereka akan menjelaskan baik pesan cerita dan bagaimana proses syuting film tersebut. Banyak sutradara atau produser yang menceritakan suka duka serta perjuangan bersama teman sekelasnya dalam proses tersebut. Setelah itu, masuklah ke sesi tanya jawab dimana moderator memberikan kesempatan kepada penonton untuk bertanya, mengkritik, atau mengapresiasi.   

Begitu seluruh karya film dari masing – masing kelas dipertunjukkan, acara mulai memasuki sesi awarding, dimana penilaian dibagi menjadi 7 bagian. Untuk kelas pemenang awarding diantaranya, Kelas J dengan menjadi pemenang nominasi “Sound Terbaik” dan “Artistik Terbaik”, Kelas C sebagai pemenang nominasi “Editor Terbaik”, Kelas D sebagai pemenang nominasi “Talent Terbaik” dan “Ide Cerita Terbaik”, Kelas B sebagai pemenang “Sinematografi Terbaik”, dan Kelas F sebagai “Sutradara Terbaik”.

Seru banget sih acara Screening “Scription” ini. Buat Ikomers yang penasaran sama berita – berita seru lainnya, ikuti kami di Instagram @ikom_radio atau di Twitter @ikomradio atau langsung ke website kita. (RIM)

Komentar

Request Dimari Yuk!!!