MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
REGENERATION Sebagai Satu Langkah Awal Anggota Muda Teater Tangga Dalam Menunjukkan Diri Mereka

REGENERATION Sebagai Satu Langkah Awal Anggota Muda Teater Tangga Dalam Menunjukkan Diri Mereka

 

sumber ; teater tangga 2024

YOGYAKARTA, IKOM RADIO- Di awal tahun 2024 Teater Tangga (TETA) baru saja mengadakan pementasan bertajuk “Regeneration” pada Sabtu, 6 Januari 2024 pukul 19.30 hingga 22.30 di Student Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Para anggota TETA mengadakan pentas proses kreatif yang dilakukan oleh para anggota baru sebagai salah satu syarat untuk untuk bergabung dengan Teater Tangga. Pentas teater ini bertujuan untuk memamerkan seni dan juga bakat mereka secara bebas dalam tema "Tumbuh dan Berkembang" serta memberi ruang bagi para anggota baru untuk mencoba hal baru salah satunya pentas teater yang tentunya juga sebagai bentuk nyata dari adanya proses kreatif berupa latihan selama kurang lebih 2 bulan.

Selama proses kreatif para anggota baru diberi berbagai pelatihan seperti dasar-dasar dalam melakukan olah vokal, olah gerak, kepenulisan naskah, hingga pembekalan penyutradaraan. Dalam proses ini anggota baru teta dibagi menjadi 3 kelompok. (1) Panjiwara membawakan naskah berjudul Lingkaran Setan, (2) Renjana Amerta dengan naskah berjudul Tahalang Sabar, (3) Adhigana dengan naskah berjudul Mahkota Ratu Telah Dicuri. FunFact nya adalah semua naskah teater ini ditulis oleh masing-masing kelompok.

Teater Tangga atau kerap disebut TETA merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. TETA sudah berdiri sejak tahun 1994. Kerap sekali TETA melakukan pentas teaternya yang selalu menarik perhatian.

Kembali lagi soal pementasan proses kreatifnya, dalam akhir pementasan terdapat sesi awarding yang ditunjukkan bagi setiap kelompok anggota baru TETA yang menampilkan pementasan. Kelompok (1) Panjiwara memiliki publikasi terbaik, kelompok (2) Renjana Amerta menjadi pertunjukan terbaik, dan kelompok (3) Adhigana menjadi kelompok teraktif.

Dengan diumumkannya pemenang award itu maka berakhir sudah pula permentasan teater itu. Namun sebelumnya, wakil ketua 1 TETA mengatakan "Selanjutnya akan ada proses kreatif lagi yang akan dilaksanakan menuju bulan Ramadhan, untuk itu proses pembuatan teater berikutnya kurang lebih akan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan lebih." Ucap Kiver.   

IKOMERS pasti penasaran kan sama pentas Teater Tangga selanjutnya? So tetap stay tune yaa Instagram mereka di @ teater_tangga dan juga di website kita www.ikomradioumy.com! (PDH)


Komentar

Request Dimari Yuk!!!